Cara terbebas dari Chromium

Ternyata ada beberapa cara untuk terbebas dari Chromium. Sudah dua hari ini, tiba-tiba entah dari mana ada browser baru muncul di komputer kantor berbasis Operating System Windows 7 yang biasa saya pakai. Familiar logonya, hanya saya tidak berwarna.

120px-chromium_11_logo-svg

Saya tidak mengharapkan ini. Sehingga saya berencana menghapusnya, karena langsung saja muncul pada taskbar tanpa saya minta.

Langkah pertama adalah uninstall via control panel. Saya klik “control panel” – pilih “Program and Features” – cari “Chromium” – klik “Uninstall”

chrom

Sayangnya belum berhasil. Chromium masih tegak bertengger di komputer saya.

Akhirnya saya cari referensi di Google. Beberapa situs menjadi rujukan saya dalam mengatasi hal ini, seperti www.bloggerlampung.com dan www.bintangtop.com. Ternyata ada tahap yang belum saya lakukan.

Langkah kedua adalah masuk ke Windows Eksplorer – sorot Local Disk (C:) – pilih “Organize” – klik pada “Folder and search options”. Seperti pada gambar dibawah ini.

organize

Maka akan langsung muncul jendela baru seperti ini.

folder-options

Tanpa pikir panjang lagi, pilih toolbar “View” lalu pilih bagian bawahnya menjadi “Show hidden files, folders, and drives”. Jangan lupa klik “OK”

Setelah itu langsung saja ke tahap selanjutnya, yaitu :

  • Klik Local Disk (C:)
  • Pilih “User”
  • Pilih nama perangkat anda
  • Pilih “Apps Data”
  • Pilih “Local”
  • Pilih “Chromium”, dan langsung di DELETE

Baiknya komputer langsung di “restart”, agar tahu sejauh mana efek dari langkah yang baru saja dilakukan.

Lega rasanya saya, ketika sudah tidak ada lagi Chromium muncul pada saat start up. Dan semua mulai berjalan normal. Untuk memastikannya, saya cek di Control Panel.

Sayang sekali lagi saudara-saudara, ternyata masih ada software tak di harapkan itu di komputer saya. Padahal dari referensi yang saya baca tadi, banyak yang sudah berhasil. Ada apa dengan komputer saya ini ?

Ok. Saya coba cari referensi lagi mengenai hal ini. Jatuhlah pilihan saya pada situs ada-semua-ada.blogspot.co.id, yaitu cara menghapus program yang tidak bisa di uninstall.

Masuk ke langkah ketiga (semoga yang terakhir) adalah dengan masuk ke “run” atau pada Windows 7 bisa tekan tanda Windows pada keyboard + R. Ketika muncul jendela “run”, bila langsung ketik “regedit”, seperti pada gambar berikut ini. Lalu klik “OK”

run

Setelah itu, maka langsung muncul “Registry Editor” seperti ini.

registry

Nah, sekarang tinggal arahkan pointer ke “Computer”, setelah itu klik “Edit” pada toolbar di atasnya. Cari dan pilih “Find”, maka akan muncul tampilan seperti ini.

find

Ketiklah “chromium”, lalu klik “Find Next”.

Maka, akan muncul hasil pencarian atas kata yang diketik tadi. Lanjutkan dengan tekan DELETE. Biasanya akan muncul peringatan bahwa data tadi akan dihapus secara permanen, lanjutkan saja.

Jangan berhenti pada satu kali DELETE.

Lakukan pencarian tadi dengan “Find Next” atau langsung saja tekan “F3” pada keyboard, maka akan terus melakukan pencarian untuk kata tersebut lalu DELETE. Lakukan lagi dan lagi sampai benar-benar tidak ada lagi pada setiap lapisan.

Baiklah. Sekarang coba saya restart lagi.

Setelah kembali normal, saya coba Disk Cleanup juga untuk drive C. Baru kemudian saya cek pada Control Panel.

Alhamdulillah, hilang sudah. Tidak tampak lagi pada Control Panel.

Bagi yang mengalami hal yang sama, boleh di coba cara di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

