Aplikasi Excel Membuat Invoice Sederhana

Seringkali saya melihat admin keuangan di perusahaan tempat saya bekerja tampak sangat serius sekali dalam melakukan tugasnya, bahkan ketika saya pulang ia masih sibuk melihat monitor komputer dan jari – jarinya tak berhenti mengetik yang mengeluarkan suara khas nya. Saya penasaran, dan akhirnya saya tahu kalau dia sibuk dalam membuat invoice atau faktur

Saya mulai berpikir untuk bisa membuat pekerjaan tersebut lebih sederhana, dan ternyata tidak terlalu sulit. Pada kesempatan ini, saya coba jelaskan hasil percobaan dalam membuat invoice / faktur secara lebih cepat, tepat dan yang paling penting lebih sederhana.

File yang saya buat terdiri dari dua sheet.

Sheet pertama adalah data base harga setiap barang dengan kode barang sebagai kunci utama atau biasa di sebut primary key nya. Sheet kedua adalah form invoice / faktur yang dalam tabelnya di sertai dengan formulasi untuk memudahkan dalam input data dan meminimalisir kesalahan dalam pengetikan.

Sheet 1, seperti tampak pada gambar di bawah ini :

sheet 1

Adalah data base harga. Di sheet ini harus di lakukan input dengan benar, baik dari kode barang, nama barang, hingga harga barang. Ya, harus benar. Karena data base ini yang akan menentukan benar tidak nya data yang tampil di form (Sheet 2). Artinya bila di data base ini ada kesalahan, maka di form nya juga akan mengikuti salah.

Input data base ini mungkin akan agak sedikit melelahkan di awal, tapi setelah itu justru akan mempermudah kita nantinya. Dari pada harus input secara manual tiap harinya yang dapat menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Sheet 2, seperti tampak pada gambar di bawah ini :

sheet 2

Adalah berisi tentang form invoice / faktur. Kemungkinan besar format di tiap-tiap perusahaan berbeda termasuk dengan form yang saya buat ini, namun intinya kebanyakan sama.

Tabel dalam form tersebut yang berhubungan langsung dengan sheet 1. Biasanya disini lah letak permasalahan lamanya proses pembuatan faktur terjadi. Karena adanya proses ketika manual.

Pada tabel dalam form ini, saya coba berikan formulasi sederhana tapi lumayan untuk mempercepat proses kerja, dan excel mampu untuk itu. Pengguna hanya mengisi kolong yang TIDAK ada tanda ” – “, karena yang bertanda tersebut sudah saya beri formulasi. Cukup isi di kolom No, Kode barang, Qty, dan Keterangan bila di perlukan.

Anda akan melihat, ketika pengisian kode dilakukan, otomatis akan memberikan informasi langsung mengenai Nama Barang dan harga, tinggal dilanjutkan dengan jumlah yang di perlukan, maka kolom Total akan mengakumulasi semuanya.

Bila di rasa kurang jelas namun bermanfaat dan dapat digunakan dalam memudahkan pekerjaan anda, maka silahkan di download file nya di sini ⇒ Invoice Sederhana Excel

Sekian. Selamat mencoba.

Leave a Reply

